Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Sewa Mobil Jogja 24 Jam
Rental Mobil Jogja jogjacar.com

Panggung hutan pinus mangunan dlingo bantul langsung mendunia karena memiliki keunikan yang berbeda dari panggung pada umumnya. Tertarik kesini?

Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul merupakan salah satu hutan pinus alternatif selain hutan pinus top selfie Magelang. Lokasi Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini memang berdekatan dengan tempat wisata seperti perkebunan Mangunan hingga area makan raja-raja kesultanan Mataram Yogyakarta.

Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini merupakan area terbuka yang sangat menawan. Pohon-pohon tinggi yang menjulang akan menjadi pesona tersendiri bagi pasangan untuk melakukan selfie romantis di Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul.

Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul juga menjadi salah satu destinasi para pesepeda dari Yogyakarta. Tak berbeda jauh dengan lokasi Tebing Keraton Bandung yang kerap menjadi tempat berkumpulnya para penggemar hobi sepeda gunung. Jalurnya yang mendaki akan menjadi tantangan sendiri bagi para pesepeda.

Sewa mobil jogja 24 jam
Rental Mobil Jogja jogjacar.com

Yogyakarta memang kini tengah hits setelah penayangan film Ada Apa Dengan Cinta 2. Bahkan para penonton penasaran dengan tempat-tempat syuting AADC 2 di sekitar Yogyakarta. Salah satu yang banyak dikunjungi diantaranya adalah Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam di Magelang, Jawa Tengah.

Meskipun di kenal dengan Gereja Ayam, menurut warga sekitar, tempat itu sebenarnya bernama Bukit Rema. Dan bangunan yang mirip dengan ayam tersebut bukanlah ayam, melainkan merpati. Namun wisatawan sudah terlanjur mengenalnya dengan Gereja Ayam.

Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini sudah tersedia fasilitas toilet umum. Bahkan juga sudah dibangun gardu pandang di atas pohon. Hati-hati dan bersabar utuk antre, karena kapasitas gardu pandang di Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini sangat terbatas. Utamakan keselamatan dan jangan terlalu nafsu ingin mendapatkan spot selfie paling menarik.

Tidak perlu bingung jika sudah masuk waktu salat bagi traveler muslim dan backpacker muslim. Karena sudah dibangun musholla kecil untuk menampung para wisatawan yang hendak menjalankan ibadah salat di area wisata Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 23 kilometer. Lokasi Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini bisa ditempuh selama kurang lebih 60 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota.
Selain puncak Kalibiru di Kulonprogo, tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan Dlingo ini juga terdapat kawasan wisata puncak Becici yang memiliki gardu pandang instagramable. Jangan lewatkan untuk mengunjungi puncak Becici setelah berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul Yogyakarta
Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul memang sangat tinggi sehingga membentuk seperti kanopi alami. Saat berada di bawah pepohonan hutan pinus ini, berkas cahaya yang masuk akan terlihat sangat indah terutama disaat pagi hari. Tak heran jika Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Yogyakarta.
Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini berada di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Hutan ini konon awalnya merupakan tanah tandus yang tak memiliki kehidupan. Hingga akhirnya mengalami penghijauan dengan ditanami pohon pinus. Kawasan hutan pinus yang indah ini merupakan kawasan yang dikelola oleh pengelola hutan Mangunan. Namun secara administratif kawasan Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ini masih dalam tataran wilayan Imogiri.
Cara menuju Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul tidak terlalu sulit. Lokasinya berada di bagian selatan Yogyakarta. Cara yang paling mudah adalah dengan menyusuri jalan Imogiri Timur. Dengan menelusuri jalan menuju makam raja Imogiri Bantul.
Sebelum mencapai makan Imogiri Bantul terdapat sebuah pertigaan menuju arah Mangunan. Jalur yang dilalui akan terbelah ke dua tujuan, salah satunya adalah kebun buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul. Akses jalan sudah cukup bagus namun sangat disarankan menggunakan kendaraan tinggi karena medan jalan yang cukup menanjak.
Keunikan Hutan Pinus Mangunan Dlingo
Kawasan hutan pinus ini memang kerap dijadikan sebagai tempat wisata anak muda. Tak heran jika kawasan ini sangat dikenal di sosial media seperti Instagram. Apalagi ditambah dengan dibangunnya panggung terbuka yang bisa digunakan untuk ruang teater, sastra, hingga ruang pertunjukan musik di area terbuka yang sejuk.
Panggung dan bangku-bangku penonton didesain setengah lingkaran. Semua fokus mengarahkan bangku-bangku pada panggung. Bahan bangku dan panggung semua diambil dari kayu pohon yang masih terlihat bentuk aslinya. Inilah yang menjadikan kawasan panggung ruang terbuka Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul Yogyakarta menjadi unik dan menarik.
Selain kerap dijadikan sebagai salah satu destinasi anak muda, kawasan Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini juga tak pernah luput dari lokasi pemotretan pre-wedding hingga video klip iklan. Bahkan beberapa orang menyebutnya merupakan tempat syuting film romantis Twilight.
Waktu Terbaik Mengunjungi Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul, Yogyakarta
Destinasi wisata yang menarik akan menjadi magnet bagi para traveler dan backpacker. Jadi, waktu paling tepat untuk mengunjungi destinasi wisata yang indah ini adalah saat weekdays. Jika baru bisa berkunjung saat weekend, datanglah lebih awal pagi-pagi sekali agar bisa benar-benar mengeksplorasi lebih banyak sudut untuk selfie atau foto-foto keindahan alam Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul saat mentari baru muncul.
untuk mengungjungi Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini sekitar pukul 06.00 – 10.00 WIB atau pukul 15.00-18.00 WIB. Tak salah juga jika datang pada siang hari, apalagi dari Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini juga tidak terlalu jauh dengan destinasi wisata menarik lainnya di Mangunan, Bantul. Diantaranya kebun buah Mangunan dan Puncak Becici yang bisa dijadikan salah satu destinasi selfie terbaik di Bantul Yogyakarta.
Tips Wisata di Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul, Jogja
Ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi. Jika ingin benar-benar memudahkan tentu disarankan menggunakan kendaraan roda dua. Namun harus hati-hati saat musim hujan karena jalan akan cukup licin terutama saat guyuran hujan. Begitu juga kondisi lokasi wisata akan sedikit berkabut sehingga mengurangi jarak pandang.
Jika menggunakan kendaraan roda empat, gunakan kendaran yang cukup tinggi dan mampu menanjak dengan baik. Medan jalan cukup terjal dan mendaki. Usahakan dikemudikan oleh orang yang sudah berpengalaman. Pastikan kendaraan diparkir dengan aman dan jangan sekali-kali meninggalkan barang berharga di kendaraan.
Meskipun lokasi wisata ini bebas dikunjungi bukan berarti tanpa aturan. Harap tidak membuang puntung rokok sembarangan karena bara api rokok bisa menyulut kebakaran di Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul. Buang sampah pada tempatnya dan berlakulah sopan. Hutan Pinus Mangunan Dlingo ini bukan tempat untuk berbuat asusila atau perbuatan amoral remaja. Perhatikan norma dan tata krama yang dijunjung di Imogiri. Apalagi letaknya tidak jauh dari makam Raja Mataram yang disakralkan oleh warga Yogyakarta.
Jika ingin membawa bekal makanan, perhatikan untuk tidak membungkus dengan kertas nasi atau plastik. Usahakan membungkus makanan dengan tempat makan yang tidak menimbulkan sampah. Akan sangat lebih bijak lagi jika tidak membuang sampah apapun di area wisata Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul
Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan Dlingo
Tarif masuk belum diberlakukan di Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul. Bahkan tidak ada retribusi untuk penggunaan kamera DSLR sekalipun. Namun untuk izin syuting dan keramaian harus ada izin dari pengelola dan aparat desa setempat.
Retribusi yang dipungut oleh pengelola hanyalah biaya parkir yang sangat terjangkau sekali. Untuk parkir motor hanya dipungut Rp 3.000 saja, sedangkan untuk biaya parkir mobil hanya dipungut Rp. 10.000 saja. Sangat murah mengingat belum ada tiket retribusi yang dikenakan bagi pengunjung yang datang ke Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ini. Untuk parkir bus dipatok Rp. 20.000. Sedangkan untuk izin foto pre-wedding dipatok dengan harga Rp. 50.000.
Tak Layak Dicontoh, Traveler Alay Kerap Merusak Fasilitas Wisata dan Keindahan Alam
Rasa prihatin tak bisa disembunyikan jika melihat jejak-jejak vandalisme di Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ini. Beberapa coretan terlihat di papan-papan informasi yang dipasang di sektiar area Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ini. Apalagi dengan kata-kata kurang pantas. Hal seperti ini rasanya mustahil dilakukan oleh warga sekitar.
Kelakuan traveler alay makin hari memang makin memprihatinkan. Beberapa kerusakan kulit pohon yang dikelupas sengaja untuk mengukir nama pasangan alay masih kerap ditemukan. Please dong, apa kalian tidak bisa mengukirnya di hati kalian saja? Jangan sampai alam juga tahu jika kalian sedang dimabuk asmara. Soalnya sayang juga jika hubungan kalian putus dan memorinya malah menjadi bukti kerusakan yang kalian lakukan!
Tingkat kesadaran traveler atau wisatawan lokal memang masih perlu ditingkatkan. Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ini juga masih kerap ditemukan sampah tissue bekas. Padahal di beberapa sudut sudah disediakan tempat sampah yang rasanya sudah cukup memadai untuk kebutuhan wisatawan yang datang. Jadilah traveler yang bijak. Jika ada traveler lain yang melakukan tindakan tidak terpuji, tegurlah dengan santun dan diingatkan. Agar kelestarian serta kebersihan hutan pinus Imogiri Bantul ini tetap terjaga.

 

Rental mobil Jogja profesional siap memberikan layanan transportasi di wilayah JOGJA. Kami mengedepankan keamanan maupun keramahan sopir demi kenyamanan pelanggan,dengan harga yang murah.

Kami memberikan jasa Rental Mobil Jogja untuk semua kebutuhan transportasi, meliputi rental mobil jogja untuk keperluan pribadi, paket wisata, rombongan acara pernikahan, hingga keperluan rental mobil jogja untuk perusahaan. Konsumen dapat menikmati layanan antar jemput rental mobil jogja ke/dari Bandara Adisutjipto Jogja, Stasiun Kereta Api Tugu Yogyakarta, Terminal Bus Giwangan Yogyakarta, atau lokasi lainnya.

Penyedia jasa rental mobil jogja Seluruh armada kami adalah mobil baru yang dilengkapi asuransi All Risk, berada dalam kondisi baik, selalu mendapatkan perawatan service berkala. Yang terpenting,setiap layanan yang diberikan rental mobil jogja sudah dilengkapi driver/sopir pribadi yang sangat profesional. Nikmati layanan kami sebagai rental mobil jogja terpercaya.

Source: Hutan Pinus Ini Memiliki Panggung Yang Mendunia, Lho! Nggak Percaya?