Puncak Kosakora

Puncak Kosakora

Puncak Kosakora
Puncak Kosakora

Daerah Gunung Kidul memang dikenal memiliki pesona wisata yang menawan. Terletak puluhan pantai eksotis bejejer rapi, serta berbagai tempat wisata lain yang tak kalah memikat untuk dikunjungi wisatawan. Puncak Kosakora merupakan salah satu obyek wisata baru yang kini tengah hits dikalangan anak muda. Tak hanya sangat cocok untuk berburu foto selfie, namun juga menawarkan panorama alam memukau untuk dinikmati.

Bukit Kosakora memiliki ketinggian kurang lebih 50Mdpl. Walaupun tidak terlalu tinggi, kamu jangan kecewa dulu karena Bukit Kosakora ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah.Di perjalanan menuju Puncak Kosakora Anda akan disuguhi pemandangan yang menarik yang pertama adalah ladang penduduk, Lemah Sangar,yakni padang sabana tanpa pepohonan yang meneduhkan, konon lokasi ini dikeramatkan oleh penduduk sekitar. Alhasil tak ada satu pun bangunan berdiri di lokasi ini. Pemandangan rupawan selanjutnya adalah Pantai Ngrumput. Pantai berpasir putih ini ditumbuhi rumput di beberapa bagian pantai seolah menjadi asal-muasal nama pantai ini. Ditemani deburan ombak dan desiran angin khas pantai sang saka merah putih di Puncak Kosakora seolah melambai lambai mengajak kita ke sana. Perjalanan berlanjut dengan menapaki tangga berundak dari batuan karst tentu harus dengan kehati-hatian. Sekilas tentang jalan menuju Puncak Kosakora Jogja melalui bukit. Jalan yang lain, menyusuri pantai. Jalur menuju Puncak Kosakora Jogja yang satu ini harus ditempuh dengan trekking membelah bukit atau mengitari bukit dengan menyusuri bibir pantai. Akses sulit inilah salah satu penyebab Pantai Ngrumput tidak seramai Pantai Drini. Trekking mungkin kedengaran seru, namun tidak semudah yang dibayangkan. Dasar laut tempat kaki berpijak tidak rata, licin, dan punya kedalaman yang berbeda. Salah berpijak bisa-bisa terpeleset. Belum lagi kalau laut tiba-tiba pasang. Akan ada dua pantai yang dilewati setelah Pantai Drini, yaitu Pantai Pengilon dan Pantai Ngrumput. Di antara kedua pantai ini terdapat pemisah berupa perbukitan dan karang. Dari Pantai Ngrumput perjalanan sudah dekat.Bila Anda Hendak ke Puncak Kosakora. Kami Jogjacar.com Rental Mobil jogja akan siap sedia dengan senang hati untuk mengantar anda ke tempat tempat wisata di jogja

Puncak Kosakora
Puncak Kosakora

Puncak Kosakora ini mempersembahkan pemandangan yang eksotis dan luar biasa, seperti kalau kita berada di tempat wisata puncak puncak Kosakora ini kita dapat melihat jajaran pantai Selatan Gunung kidul ini contoh misalkan seperti pantai ngrumput, selain itu Anda juga dapat menikmati alam di sekitar dengan pemandangan yang hijau, di padu padankan dengan sumilir angin pantai.

Sesampainya di puncak, lelah Anda akan dibayar dengan pemandangan eksotis yang dimiliki Puncak Kosakora. Ketinggian Puncak Kosakora sekitar 50 mdpl membuat pengunjung bisa menyaksikan Pantai Ngrumput, Watu Bolong, Drini, Watu Kodok, Sepanjang, dan Lolang di sisi barat dan Pantai Krakal, Sadranan, dan Ngandong di sisi timur. Tak ketinggalan birunya lautan nan cantik. Dengan keindahannya pengunjung berlomba-lomba untuk mengabadikan momen dengan berselfi ria. Selain latar belakang pemandangan yang indah sebuah papan bertuliskan “Puncak Kosakora” menjadi objek wajib untuk berfoto. Bisa juga datang di sore hari bagi para pemburu sunset. Jangan takut kemalaman usai memburu sunset, terdapat pula persewaan tenda dome disekitar Puncak Kosakora. Gubuk bambu juga tersedia di sini untuk sekadar bersantai ria sambil menikmati keindahan lukisan Tuhan.

Wah sungguh luar biasa untuk melepas penat di puncak ini. tempat wisata puncak Puncak Kosakora ini terletak di  sebuah desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunung kidul. Puncak Kosakora juga bisa di gunakan untuk camping, jadi jika Anda suka dengan camping anda bisa camping disini.
Puncak Kosakora
Puncak Kosakora
Lokasinya yang berada di pinggir laut membuat pemandangan di Puncak Kosakora sangat mempesona. Di puncaknya kita bisa melihat hamparan laut biru dan perbukitan di Gunung Kidul.

Di Puncak Kosakora ini kita tak hanya bisa melihat pemandangan laut saja, jika kita melihat ke arah timur kita akan melihat Pantai Kukup, sedangkan apabila kita melihat kearah barat maka kita bisa melihat Pantai Drini.

Di puncak Bukit Kosakora ini kita juga bisa menimati cantiknya sunrise dan sunset Gunung Kidul, bahkan Mercusuar di Pantai Baron yang letaknya cukup jauhpun bisa terlihat dari puncak Bukit Kosakora.Biasanya wisatawan yang datang ke Bukit Kosakora berniat untuk camping, Puncak Kosakora memang cukup luas, dapat menampung lebih dari 5 tenda, jadi sangat cocok untuk digunakan camping ceria.

Puncak Kosakora populer sebagai tempat favorit untuk selfie di kalangan anak muda kekinian yang hobi jalan-jalan. Tangga batuan karst yang curam harus ditaklukkan untuk mencapai puncaknya yang memiliki panorama pantai menawan dari ketinggian.
Puncak Kosakora
Puncak Kosakora
Fenomena eksokarst Pegunungan Sewu ratusan tahun silam menyisakan eksotisme bentang alam yang ada di Gunung kidul Jogja. Deretan conical hills diikuti jalanan naik turun yang kini harus di lewati menuju salah satu wisata di kabupaten paling timur di Jogja ini adalah buktinya.
Berkendara selama 2 jam lamanya ternyata belum bisa membawa kita sampai ke tempat wisata tujuan. Kita diharuskan trekking sekitar 2 km dengan medan yang cukup melelahkan untuk menuju tempat wisata yang namanya sudah sangat kondang di kalangan anak muda ini.
Ladang-ladang penduduk adalah pemandangan awal yang menemani di awal trekking, hingga sampai di sebuah padang rumput yang sangat luas. Sebuah mitos tentang tanah yang dikeramatkan oleh masyarakat di sekitar menjadi cerita di balik papan bertuliskan larangan mendirikan bangunan di padang rumput yang disebut Lemah Sangar ini
Tangga curam dari batuan karst dengan tumbuhan pandan laut (Pandanus odorifer) rimbun di kiri kanannya mengantarkanke Puncak Kosakora, dataran paling tinggi di bukit yang dulunya disebut Bukit Ngrumput oleh masyarakat di Tanjungsari. Semenjak seorang traveller yang tak sengaja singgah menjulukinya Kosakora, ia pun menjadi primadona wisata baru yang tak pernah sepi oleh para pengunjung.
Puncak Kosakora atau Bukit kosakora Gunung Kidul adalah hasil fenomena eksokarst lain di Gunung kidul. Sebuah bukit karst yang berada dalam satu garis dengan deretan pantai-pantai cantik Gunung kidul. pantai kosakora, Pantai Ngrumput, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, Pantai Watu Kodok, Pantai Kukup bahkan Mercusuar Pantai Baron yang jauh di barat pun dapat terlihat dari bukit yang berketinggian sekitar 50 mdpl ini.

Bukit yang dahulunya sunyi itu, kini menjadi buah bibir banyak orang yang ingin menikmati keindahan panoramanya atau sekedar ingin selfie dengan background landscape pantai selatan dari ketinggian, seolah selfiesedang  di savana Kenawa.
Teriknya matahari siang itu tak membuat para remaja dan anak-anak muda yang mengunjungi Puncak Kosakora mengurungkan diri untuk mengambil potret diri. Mereka yang asyik berpose di depan kamera tidak jauh dari papan kayu sederhana bertuliskan Puncak Kosakora.
Jika ingin berkunjung ke Puncak Kosakora atau Bukit kosakora, ada baiknya jika anda datang di pagi atau sore harinya, saat sinar matahari tak begitu menyengat. Atau, jika ingin menikmati keindahan sunset dan sunrise bisa juga camping di Puncak Kosakora. Di tempat ini telah tersedia persewaan tenda dome jika anda ingin menginap tanpa harus membawa sendiri dari rumah. Cukup mengeluarkan uang Rp 60.000 untuk tenda kecil atau Rp 100.000 untuk tenda besar.
Puncak Kosakora
Puncak Kosakora
Puncak Kosakora dari kota Yogyakarta mempunyai jarak kurang lebih 75km dapat di tempuh dengan 2jam perjalanan, ada tiga rute untuk menuju ke puncak Kosakora ini,Alamat Puncak Kosakora tidak lain dan tidak bukan adalah Ngestirejo,Tanjungsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak Puncak Kosakora dengan Kota Yogyakarta sekitar 75 km dapat ditempuh sekitar dua jam perjalanan. Terdapat beberapa rute untuk menuju Puncak Kosakora. Pertama melalui Piyugan kemudian Patuk terus menuju Gading dan Wonosari lalu melewati Jalan Baron, ke arah Baron dan Kukup hingga tiba di Pantai Drini. Setelah melewati Pantai Ngrumput Anda akan tiba di Puncak Kosakora. Rute Puncak Kosakora Gunung Kidul yang lain yaitu melalui daerah Bantul tepatnya dari Jalan Parangtritis ke arah Panggang dan dilanjutkan hingga sampai Saptosari. Dari sana kemudian ke arah Baron lalu Kukup dan Pantai Drini. Perjalanan selanjutnya sama dengan rute yang pertama. Rute yang lain adalah melalui Piyungan dilanjutkan ke arah Patuk menuju ke Gading. Dari Gading lalu ke arah Siono kemudian ke Wonosari dan masuk Jalan Baron dengan belok kiri di pertigaan mulo. Setelah sampai Tepus belok ke kanan menuju Pantai Indrayanti dilanjutkan ke Sundak lalu Krakal dan sampai di Pantai Drini. Dilanjutkan dengan berjalan kaki seperti rute sebelumnya. Perjalanan menuju Puncak Kosakora tidak dianjurkan melalui Pantai Drini saat pantai sedang pasang. Wisatawan dapat ke Puncak Kosakora melalui dua bukit yang hanya ada jalan setapak dan semak-semaknya. Bisa dibilang akses untuk ke Puncak Kosakora masih sulit.Untuk Menuju Puncak Kosakora bagi anda yang berasal dari luar jogja dapat menggunakan jasa rental mobil jogja
Rute pertama, Yogyakarta >> Piyungan> > Patuk > Gading> > Wonosari > >jl. Baron >> Baron> > Kukup> > pantai Drini lalu di lanjutkan dengan berjalan kaki ke arah timur melalui pantai Ngrumput  > >Puncak Kosakora
Rute kedua, Yogyakarta >> Bantul >> Parangtritis> > Panggang >> Saptosari> > Baron >> Kukup >> Pantai Drini lalu di lanjutkan dengan trekking ke arah pantai Ngrumput sebelah timur pantai Drini >> Puncak Kosakora
Rute ketiga, Yogyakarta >> Piyungan >> Patuk >> Gading >> Siono >> Wonosari >> jl.Baron ada  pertigaan mulo ambil arah kiri  >> Tepus ambil arah ke kanan menuju Pantai Indrayanti > > Indrayanti >> Sundak >> Krakal >> Pantai Drini lalu berjalan menuju ke arah timur dari pantai Drini kemudian akan menemui pantai Ngrumput lalu bukit timurnya > > Puncak Kosakora di jogja.
di puncak Kosakora tidak ada penjual makanan dan minuman alangkah baiknya jika Anda membawa bekal sendiri paling tidak minuman, karena perjalanan kesini sangat menguras tenaga. Dan Jangan pernah meninggalkan sampah di tempat ini jaga selalu kebersihan alamnya.
Rental mobil Jogja jogjacar.com siap memberikan layanan transportasi di wilayah JOGJA. Kami mengedepankan keamanan maupun keramahan sopir demi kenyamanan pelanggan,dengan harga yang murah.Kami memberikan jasa Rental Mobil Jogja untuk semua kebutuhan transportasi, meliputi rental mobil jogja untuk keperluan pribadi, paket wisata, rombongan acara pernikahan, hingga keperluan rental mobil jogja untuk perusahaan. Konsumen dapat menikmati layanan antar jemput rental mobil jogja ke/dari Bandara Adisutjipto Jogja, Stasiun Kereta Api Tugu Yogyakarta, Terminal Bus Giwangan Yogyakarta, atau lokasi lainnya.

Penyedia jasa rental mobil jogja Seluruh armada kami adalah mobil baru yang dilengkapi asuransi All Risk, berada dalam kondisi baik, selalu mendapatkan perawatan service berkala. Yang terpenting,setiap layanan yang diberikan rental mobil jogja sudah dilengkapi driver/sopir pribadi yang sangat profesional. Nikmati layanan kami sebagai rental mobil jogja terpercaya.

Rental mobil Jogja Jogjacar.com
Alamatperum soka asri permai f15 purwomartani, kalasan, sleman, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
Jam buka

Hari ini buka · Buka 24 jam
Telepon0811-258-168