Gadai Tiga Mobil Rental Milik Temannya, Pria Asal Klaten Ini Kabur ke Wonosobo

 

Pelaku yang diduga menggadaikan mobil . rental mobil jogja

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Penyidik Polres Sleman menangkap seorang warga Klaten, Jawa Tengah yang diduga menggadaikan mobil rental mobil jogja

Tersangka berinisial IW (37) ini kabur melarikan diri ke Wonosobo dengan uang hasil gadai tiga mobil yakni Daihatsu Ayla, Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia.

Kapolres Sleman AKBP Burkan Rudi mengatakan kasus itu bermula ketika bulan Desember 2016, tersangka menyewa Ayla dan pada Januari 2017 kembali menyewa Avanza di rental mobil jogja yang berada di Trihanggo, Gamping.

Dia menyewa kedua mobil itu seharga Rp 4,5 juta dan Rp 5 juta.

Di bulan yang sama, ia beraksi dengan menyewa Xenia di rental mobil jogja yang beralamat di Ngemplak, Sleman seharga Rp 7,5 juta.

“Bulan pertama dia lancar membayar sewa mobil, tapi bulan berikutnya setelah jatuh tempo ia tak segera mengembalikanmobil, dan menghilang,” ujar Kapolres, Senin (14/8/2017).

Mobil itu justru digadaikan dan uangnya digunakan untuk keperluan hidupnya. Dengan hasil gadai mobil itu, pria asal Klaten ini kemudian kabur melarikan diri ke daerah Wonosobo.

“Kami menangkap tersangka di Wonosobo belum lama ini, dan sudah kami lakukan penahanan. Dua mobil yang digadai telah kami temukan yakni xenia dan avanza, tapi yang ayla masih dalam pencarian,” tambahnya.

Berdasarkan keterangan tersangka saat diinterogasi petugas,mobil-mobil itu digadai di wilayah Sedayu Bantul.

Atas perbuatannya ini, polisi menjerat tersangka dengan pasal penipuan penggelapan atau 378 dan 372 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

“Kalau dilihat dari modusnya yang berulang, dia ini pemain lama. Ia menyasar tempat-tempat rental mobil jogja” bebernya.

Sementara itu, tersangka IW saat diinterogasi petugas mengakui baru kali ini menggadaikan mobil rental mobil jogja

“Mobil itu punya kawan, saya disuruh untuk mengelola. Awalnya lancar saya sewakan, lama-lama nombok, ya sudah saya gadaikan. Ayla saya gadai Rp 25 juta, Xenia Rp 70 juta, dan Avanza 35 juta,” ucapnya. (*)

 

Sumber TRIBUNJOGJA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *